Pemrograman Berorientasi Object

11:26:00 AM


Pengenalan OOP (Object Orientation programing )
  1. Class:
- Konsep dan deskripsi dari sesuatu
- Blueprint/cetakan
  1. Object:
- Instance dari class, bentuk (contoh) nyata dari class
- Hasil cetakan dari class
  • Implementasi Class/Object
  1. Object
Sebuah objek adalah sebuah komponen software yang stukturnya mirip dengan objek pada dunia nyata. Setiap objek dibuat dari satu set data (sifat) dimana variable menjabarkan esensial karakter dari objek, dan juga terdiri dari satu set dari methode (tingkah laku) yang menjabarkan bagaimana tingkah laku dari objek. Jadi objek adalah sebuah berkas software dari variable dan method yg berhubungan.
  1. Class
Klas adalah sturktur dasa dari OOP. Dia terdiri dari dua tipe dari anggota dimana disebut dengan field (attribut/properti) dan method. Field mespesifikasi tipe data yang didefinisikan oleh class, sementara methode spesifikasi dari operasi. Sebuah objek adalah sebuah instance pada class.
  • Notasi Class/Object
object
Atribut
Method

  • Class Member – Atribut
  1. Atribut
Variable yang mengitari class, dengan nilai datanya bisa ditentukan di object
  1. Variable
Variable digunakan untuk menyimpan nilai yang nantinya akan digunakan pada program
  1. State
Sesuatu yang pasti dimiliki oleh class
  • Class Member – Method
Sebagai tambahan pada contoh variable, hal ini juga memungkinkan untuk mendefinisikan variable kelas, dimana variable milik dari seluruh kelas. Ini berarti bahwa memiliki nilai yang sama untuk semua objek pada kelas yang sama. Mereka juga disebut static member variables.
  • Method / Behaviour adalah urutan instruksi yang mengakses data dari object
  • Kegiatan yang dapat dilakukan/dikerjakan oleh class.
  • Method melakukan:
  1. Manipulasi data
  2. Perhitungan matematika
  3. Memonitor kejadian dari suatu event
  • Jenis Method:
  1. Method dengan return value
  2. Method tanpa    return value
  • Implementasi Method
String str1 = “Hello”;
char x = str2.charAt(0); //will return the character H
//simpan pada variabel x
String str2 = “hello”;
//return boolean
boolean result = str1.equalsIgnoreCase( str1 );
  • Konstruktor – Method
    • Method yang identifier/namanya sama dengan nama Class.
    • Method yang pertama kali di panggil pada proses instansiasi/pembuatan object.
    • Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek:
  1. Encapsulation
Mekanisme menyembunyikan suatu proses dan data dalam sistem untuk menghindari interferensi, dan menyederhanakan penggunaan proses itu sendiri
Pembungkusan attribut untuk menghindari akses illegal


  1. Polymorfisme

Kemampuan dari referensi untuk mengubah sifat menurut object apa yang dijadikan acuan dinamakan polimorfisme. Polimorfisme menyediakan multiobject dari subclasses yang berbeda untuk diperlakukan sebagai object dari superclass tunggal, secara otomatis menunjuk method yang tepat untuk menggunakannya ke particular object berdasar subclass yang termasuk di dalamnya.
  1. Inheritance (Pewarisan)
Pewarisan adalah keuntungan besar dalam pemrograman berbasis object karena suatu sifat atau method didefinisikan dalam superclass, sifat ini secara otomatis diwariskan dari semua subclasses. Jadi, Anda dapat menuliskan kode method hanya sekali dan mereka dapat digunakan oleh semua subclass. Subclass hanya butuh mengimplementasikan perbedaannya sendiri dan induknya.

You Might Also Like

0 comments